Advertisement

iklan banner
YURISTGAMEINIGAMEID101

Penggolongan Komputer Berdasarkan Data yang Diolah (Lengkap)

Penggolongan Komputer Berdasarkan Data yang Diolah (Lengkap)
   Jenis Komputer Berdasarkan Data yang Diolah. Komputer dapat diterjemahkan sebagai se-kumpulan alat elektronik yang satu sama lain saling berkerja sama terkoordinasi di bawah kontrol program dengan kemampuan dapat menerima data (input)  lalu mengolah data  (proses) untuk kemudian menghasilkan informasi (output) .

   Komputer digolongkan dalam beberapa jenis, sebagaimana berikut: Komputer Berdasarkan Data yang Diolah, Komputer Berdasarkan Penggunaannya, Komputer Berdasarkan Kapasitas Kerja dan Memorinya, Komputer Berdasarkan Generasinya, dan Komputer Berdasarkan Bentuk dan Ukuran Fisik

    Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas Jenis Komputer Berdasarkan Data yang Diolah. Jenis komputer ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:
A). Komputer Analog

   Komputer Analog berfungsi sebagai pengolah data kualitatif yang sifatnya kontinu (terus-menerus) dan paralel. Output dari komputer jenis ini adalah dalam bentuk dial atau grafik, seperti untuk mengukur suhu, kecepaatan suara, arus listrik, tekanan, dan lain-lain.

   Kelebihan dari komputer analog adalah kemampuan menerima data dalam besaran fisik dan langsung mengukur data tersebut tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu. Kekurang komputer jenis ini yaitu kecepatannya yang sangat lambat.

B). Komputer Digital
   Komputer Digital berfungsi sebagai pengolah data kuantitatif, seperti huruf, angka, dan karakter khusus. Biasanya komputer ini memerlukan bahasa perantara yaitu bahasa pemrogaman. Output komputer digital bisa berupa angka, huruf, grafik atau gambar.

   Komputer ini cocok untuk aplikasi bisnis dan aplikasi teknik karena dapat menyimpan data , memproses data lebih cepat, dan dapat melakukan perhitungan dengan logika. Contoh komputer digital adalah PC (Personal Computer).

C). Komputer Hybrid
   Komputer Hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital, sehingga komputer jenis ini berfungsi sebagai melakukan pengolahan data baik kualitatif maupun kuantitatif. Komputer Hybrid digunakan untuk aplikasi khusus yang membutuhkan kecepatan dan ketepatan. Kecepatan komputer hybrid lebih tinggi dibandingkan dengan komputer jenis digital. Contoh komputer hybrid adalah faksimil.

Tags :
Sebutkan Jenis Komputer Berdasarkan Data yang diolah
Jelaskan jenis komputer berdasarkan data yang diolah
Sebutkan macam komputer berdasarkan data yang diolah
Jelaskan mengenai komputer berdasarkan data yang diolah
Contoh-contoh komputer berdasarkan data yang diolah
Penggolongan Komputer Berdasarkan data yang diolah

About Author

Related Post

Comedy Movies