Advertisement

iklan banner
YURISTGAMEINIGAMEID101

Penggolongan Komputer Berdasarkan Generasinya (Lengkap)

Penggolongan Komputer Berdasarkan Generasinya (Lengkap)
  Jenis Komputer Berdasarkan Generasinya. Komputer dapat diterjemahkan sebagai se-kumpulan alat elektronik yang satu sama lain saling berkerja sama terkoordinasi di bawah kontrol program dengan kemampuan dapat menerima data (input)  lalu mengolah data  (proses) untuk kemudian menghasilkan informasi (output) .

   Komputer digolongkan dalam beberapa jenis, sebagaimana berikut: Komputer Berdasarkan Data yang Diolah, Komputer Berdasarkan Penggunaannya, Komputer Berdasarkan Kapasitas Kerja dan Memorinya, Komputer Berdasarkan Generasinya, dan Komputer Berdasarkan Bentuk dan Ukuran Fisik


    Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas Jenis Komputer Berdasarkan Generasinya. Jenis komputer ini terbagi menjadi 6 bagian, yaitu:
A). Komputer Generasi Pertama (I)
   Komputer ini memiliki komponen-komponen dari tabung hampa, sehingga ukurannya sangat besar. Pada tahun 1946 ENIAC, yaitu Komputer elektronik pertma di dunia,  dengan bobot mencapai 30 ton, panjang 30 m, tinggi 2,4 m dan bisa membutuhkan daya listrik sampai 174 kw.

   Ciri Ciri Komputer Generasi Pertama antara lain:
1.       Sirkuit menggunakan vacum tube atau tabung hampa udara.
2.       Memerlukan daya listrik yang sangat besat.
3.       Banyak mengeluarkan panas sehingga butuh alat pendingin (AC) yang banyak
4.       Prosesnya relatif lambat.
5.       Ukurannya fisik sangat besar sehingga memerlukan ruangan/tempat yang luas
6.       Proses dan Kapasitas untuk menyimpan data kecil dan sangat terbatas sekali.
7.       Program dibuat dalam bahasa mesin.
8.       Orientasi utama pada aplikasi bisnis.
9.       Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.

B). Komputer Generasi Kedua (II)
   Computer gerasi ini ditandai dengan penggunaan transistor, sebagai kompomen elektroniknya. Sudah menggunakan bahasa tingkat tinggi seperti, Cobol, Fortran, Algol. Mempunyai kapasitas memori utama sudah cukup besar,dan prosesnya pengoperasiannya sudah cepat,  sudah lebih kecil dan hemat biaya. Contoh komputer generasi II adalah UNIVAC (Universal Automatic Computer)

C). Komputer Generasi Ketiga (III)
   Komputer ini sudah menggunakan IC(Integrated Circuit), pemprosesannya lebih cepat, bentuk fisiknya pun sudah lebih kecil dan mulai banyak bermunculan application software. Dan memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program sekaligus. Kelebihan lain yang ada pada komputer ini adalah sudah mulai menggunakan keybord dan monitor. Contoh komputer generasi III adala IBM S/360

D). Komputer Generasi Keempat (IV)
   Komputer pada generasi sudah dilengkapi dengan tekhnologi LSI (Large Scale Integration) yang mampu menyatukan ratusan komponen dalam satu chip. Kemudian dikembangkan  komputer Micro yang menggunakan Micro Processor dan Semi Conductor. Contoh komputer generasi IV yaitu IBM (IBM S/34, IBM S/36, IBM PC/AT & XT, IBM PS/2), HONEYWELL 700, BURROGHS 600, CRAY I, CYBER, PC Apple II, COMMODORE PC

E). Komputer Generasi Kelima (V)
   Komputer generasi ini, menggunakan VLSI(Veri Large Scale Integration), adanya Micro Processor dan semi conductor. Komputer generasi ini jga mengembangkan komputer yang bisa becakap sendiri dengan manusia sehingga bisa meniru  intelegensi manusia. Dan juga kenal dengan sebutan Generasi Pentium. Seolah-olah komputer ini memiliki pikiran sendiri.

   Adapun kecerdasan buatan ini meliputi sebagai berikut.
1.       Games Playing, merupakan pemograman komputer untuk bermain games
2.       Expert Systems, merupakan pemograman komputer untuk membuat keputusan dalam situasi nyata
3.       Natural Language, merupakan pemograman komputer untuk memahami bahasa alam manusia.
4.       Natural Networks, merupakan pemograman komputer yang menstimulasi kecerdasan dengan mencoba mereproduksi jenis koneksi fisik yang terjadi pada otak hewan
5.       Robotics, merupakan pemrogaman komputer untuk melihat, mendengar, bereaksi terhadap rangsangan sensorik.

F). Komputer Generasi Keenam (VI)
   Komputer generasi VI dirancang menggunakan biocip yang dibuat dari protein sintesis. Ahli ahli komputer juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.

Tags :
Sebutkan Jenis Komputer Berdasarkan Generasinya
Jelaskan jenis komputer berdasarkan Generasinya
Sebutkan macam komputer berdasarkan Generasinya
Jelaskan mengenai komputer berdasarkan Generasinya
Contoh-contoh komputer berdasarkan Generasinya
Penggolongan Komputer Berdasarkan Generasinya

About Author

Related Post

Comedy Movies